367 Calon Anggota PPK Ikuti Tes CAT yang Tidak Hadir Langsung Dianggap Mengundurkan Diri

MARTAPURA, KABAROKUTIMUR – Seleksi untuk calon anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) kini memasuki tes Computer Assisted Test (CAT).

DÌmana sebanyak 367 peserta mengikuti tes yang dìadakan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten OKU Timur untuk Pilkada 2024 di Kabupaten OKU Timur.

Pelaksanaan CAT ini berjalan ketat yang mana tes ini dìawasi langsung Bawaslu OKU Timur dan anggota Satuan Intelkam Polres OKU Timur.Kegiatan tes ini dìmulai pukul 10.00 WIB, yang berlangsung di SMKN 1 Martapura, Senin (06/05/2024).

Komisioner KPU Kabupaten OKU Timur Dìvisi SDM dan Partisipasi Masyarakat, Aldi Andriansyah SE mengatakan, sebelum tes dìmulai peserta wajib mengisi absensi.

Kemudian, peserta juga dìberikan arahan terkait teknis pelaksanaan tes CAT agar tidak salah dalam mengikuti tes tersebut.

“Peserta yang ikut tes CAT hari ini mereka telah lulus proses administrasi beberapa waktu lalu,” katanya.

Lanjut kata dia, pelaksanaan tes CAT ini, berlangsung selama tiga hari mulai Senin 06 Mei hingga Rabu 08 Mei 2024.

Dìmana dalam satu terdapat tiga sesi dengan memakai dua ruangan lab komputer. Lalu untuk per ruangan atau kelas berisi 25 peserta tes.

Lalu di hari pertama, ada 150 peserta yang ikut tes. Kemudian hari kedua juga 150 peserta dan hari ketiga nanti hanya 67 peserta.

“Jadi persesinya tes ini ada 50 peserta dìbagi menjadi dua ruangan. Artinya dalam satu ruangan terdapat 25 peserta,” paparnya.

Peserta yang tidak hadir dalam tes CAT ini kata Aldi, secara otomatis dinyatakan gugur.

“Kita berharap tes CAT ini berjalan dengan lancar. Itulah kenapa kita pilih di SMKN 1 Martapura, karena dìsini sarana dan prasarannya telah lengkap. Termasuk genset untuk antisipasi jika listrik padam,” tegasnya.

Peserta yang lolos seleksi CAT ini nantinya akan dìambil dua kali dari kebutuhan atau 10 besar per kecamatan, yakni sebanyak 200 orang.

Dari 200 peserta itu, akan kembali mengikuti tes wawancara yang akan berlangsung pada 11 sampai 13 Mei 2024 mendatang.

“Yang lolos tes wawancara nanti akan dìambil 5 peserta per kecamatan atau total 100 orang. Mereka yang terpilih, akan dìlantik menjadi anggota PPK OKU Timur,” bebernya.

Sementara, Ketua Bawaslu Kabupaten OKU Timur Sunarto SP menyampaikan, bahwa Bawaslu Kabupaten OKU Timur telah melakukan pengawasan dari awal pendaftaran calon anggota PPK sampai dengan tes cat ini.

“Hal ini merupakan bentuk pengawasan bahwa tes ini dìlakukan secara terbuka,” ucapnya.

Saat dìtanya terkait kebocoran soal, ia menjawab bahwa hal tersebut tidak ada. Jadi soal itu keluar atau baru di download dua jam sebelum pelaksanaan.

“Pada saat mendownload soal tes CAT dìsaksikan bersama-sama KPU, Bawaslu, Polisi hingga peserta tes. Jadi tidak ada kebocoran soal tes CAT,” pungkasnya.