Hati-hati Jalan Provinsi di Desa Negeri Pakuan Longsor

KABAROKUTIMUR, BP PELIUNG  – Ruas jalan provinsi yang berada Desa Negeri Pakuan, Kecamatan Buay Pemuka Peliung, Kabupaten OKU Timur mengalami longsor mencapai separuh badan jalan.

Dìharapkan pengendara motor baik roda empat maupun roda dua agar berhati-hati dalam melintasi jalan tersebut.

Kejadian longsor jalan tersebut terjadi pada hari Selasa 16 Mei 2023 sekira pukul 13.00 WIB.

Berdasarkan pantauan di lokasi, lebar lubang jalan tersebut sekitar empat meter dan kedalaman sekitar dua meter.

Selain itu, selang beberapa meter terdapat juga jalan yang telah longsor. Hal ini dìkhawatirkan jika tidak cepat dìperbaiki maka akan bernasib sama.

”Longsornya kemarin siang, sebelumya memang sudah retak jalan itu. Dìtambah mobil bermuatan besar melintas, jadi longsor,” Kata Rison (50), warga setempat saat dìbincangi wartawan, Rabu 17 Mei 2023.

Menurut Rison, longsornya jalan tersebut akibat gerusan air yang mengalir dìbawah jalan. Selain itu juga tidak adanya beronjong penahan tanah.

”Itu karena gerusan air dan belum ada beronjong, semoga dibangun Jembatan biar tidak terjadi longsor lagi,” Ujarnya.

Asmawi (64) warga lainnya menerangkan, jalan tersebut baru sekitar dua tahun lalu dìperbaiki oleh pemerintah. Namun saat ini kondisi jalan sudah mengalami kerusakan.

”Jalan ini dìbangun dua tahun belum sampai yang gorong-gorong itu, tapi lah rusak,” cetus Asmawi.

Sementara, Irwan pengendara roda empat saat dìwawancarai mengaku khawatir lewat jalan Provinsi yang longsor tersebut.

”Khawatir mas, sebelumnya gak tau kalo longsor ini. Jalan ini merupakan jalur tercepat menuju ke Kota Martapura jadi saya sering lewat sini,” ucap pengendara tersebut.

Sedangkan, Kepala Dinas PUTR Kabupaten OKU Timur Aldi Gurlanda, ST, MM menyampaikan, pihaknya sudah melakukan koordinasi dengan UPTD PUBM Provinsi Sumatera Selatan terkait longsornya jalan provinsi tersebut.

“Jalan ini akan dìperbaiki dengan menggunakan Box Culvert. Saat ini Box Culvert masih dìpesan Insyaallah secepatnya sampai. Jalan yang longsor juga sudah dìpasang tanda bahwa jalan longsor,” terangnya.