Bupati OKU Timur Launching Beras Sebiduk Sehaluan

Bupati OKU Timur H Lanosin ST (Enos) dìdampingi Wabup Adi Nugraha Purna Yudha SH, Forkopimda dan OPD melaunching beras sebiduk sehaluan.

Beras Sebiduk Sehaluan ini merupakan hasil produksi Perusahaan Umum Daerah (PUD) Agrobisnis dan Pengelolaan Logistik Kabupaten OKU Timur.

Kegiatan ini berlangsung dì Kantor PUD Agrobisnis dan Pengelolaan Logistik Daerah, dì Desa Triyoso BK 8, Kecamatan Belitang, Rabu (06/04/2022).

Bupati H Lanosin ST dalam sambutannya mengatakan, PUD Agrobisnis ini selain salah satu upaya untuk meningkatkan PAD. Juga untuk meningkatkan pengelolaan pertanian, peternakan dan perkebunan.

PUD ini juga kata Bupati, bukan hanya soal bisnis saja. Tetapi hal ini salah satu cara untuk merubah pola pikir para petani dan masyarakat dengan cara mengelola hasil panen sendiri dan bisa dìjual sendiri.

Sebab selama ini kebiasaan tersebut sudah mulai hilang, karena masyarakat dan petani mengambil langkah instan. Namun dampak dari ini, justru kurang baik manfaatnya untuk masyarakat.

“Dìbentuknya PUD ini dìharapkan bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Dìmana secara ekonomi akan meningkatkan PAD OKU Timur. Kemudian secara sosial nanti CSRnya bisa kembali lagi ke masyarakat,” ucap Enos.

Beras produksi petani lokal Kabupaten OKU Timur merupakan salah satu produk unggulan Daerah yang perlu dìkembangkan. Serta dìbina secara terpadu, sinergi dan berkesinambungan dengan menyediakan Pangsa Pasar yang besar.

“Untuk penyerapan hasil petani yang dìharapkan dapat membangun ketahanan pangan, memacu pertumbuhan ekonomi daerah. Serta meningkatkan kesejahteraan petani lokal OKU Timur,” ujarnya.

Enos menjelaskan, ia menghimbau seluruh stakeholder untuk mendukung berkembangnya PUD Agrobisnis ini dengan membeli beras hasil produksinya.

“Jika PUD ini sudah berjalan dan terbang tinggi. Maka PAD OKU Timur juga bisa naik, muaranya pasti untuk kepentingan dan meningkatkan penghasilan masyarakat,” jelasnya.

Selain itu, dìrinya juga meminta agar ASN di OKU Timur mendukung dan membantu penyerapan hasil produksi para petani lokal. Ini juga bisa dìjadikan ajang promosi produk ke daerah lain.

Sehingga dapat meningkatkan kemandirian ekonomi masyarakat berbasis potensi ekonomi lokal melalui sektor agrobisnis, pariwisata dan industri berwawasan lingkungan.

“Kita akan tingkatkan produksi dan produktifitas padi dì OKU Timur dan tetap selalu menjaga mutu, kualitas beras lokal Sebiduk Sehaluan,” ucapnya.

Sementara, Direktur PUD Agrobisnis dan Pengelolaan Logistik Daerah, Nardianto, SS menambahkan, hadirnya beras Sebiduk Sehaluan ini selain dìjual kepada ASN dan para pegawai OPD, juga dìharapkan bisa menyasar kepada masyarakat.

Dìmana, beras hasil produksi PUD ini dìjamin tidak memakai bahan pengawet dan pemutih. Sehingga kualitas berasnya terjamin sehat dan nikmat untuk dìkonsumsi.

“Ucapan terimakasih kepada Bupati dan jajaran atas dukungannya. Sehingga PUD Agrobisnis dan Pengelolaan Logistik Daerah berjalan hingga hari ini,” ucapnya.

Dìrinya juga meminta agar Bupati dan jajaran memberikan bantuan pembangunan gudang. Hal ini agar proses pengeloaan beras dan padi yang dìkelola bisa dìproduksi dengan baik.

“Jika produksi kita sudah baik, kedepan beras hasil produksi PUD ini akan terjun ke pasar bebas,” pungkasnya. (adv).

Komentar