Terancam Gagal Panen, Puluhan Hektar Sawah Terendam Banjir

KABAROKUTIMUR, MADANG SUKU III – Puluhan hektare sawah milik puluhan petani di Dusun Tegal Rejo, Desa Surabaya, Kecamatan Madang Suku III, Kabupaten OKU Timur terancam mengalami gagal panen.

Mengingat sawah yang mereka tanami terendam banjir selama kurang lebih satu Minggu.

Masruri, salah seorang petani pemilik sawah yang terdampak banjir di Dusun Tegal Rejo menjelaskan kepada awak media, bahwa padi yang telah terendam mengalami busuk dan dapat dìpastikan tidak bisa dìpanen.

“Padi yang sudah hampir masak dan siap dìpanen tersebut busuk karena terlalu lamanya terendam air yang hampir seminggu,” katanya.

Dìrinya juga menyebutkan bahwa sawah yang terendam banjir kurang lebih 15 hektar meliputi Dusun Tegal Rejo di Desa Surabaya, Kecamatan Madang Suku III.

Masruri juga menuturkan petani yang sawahnya terdampak banjir kurang lebih ada 30 orang.

“Kurang lebih sudah seminggu padi di sawah kami terendam banjir. Hari ini air terlihat sudah mulai surut dan padi yang terlihat seperti mati dan membusuk”, keluhnya pada awak media pada Kamis 04 Mei 2023.

Ia bersama petani memiliki harapan pada Pemerintah terkait sawah yg terendam banjir. Sekiranya Pemerintah memperhatikan keluh kesah petani padi.

Menurutnya para petani dìawal menanam padi sudah mengalami kesulitan dalam pembelian pupuk, saat sudah akan masa panen malah busuk akibat banjir.

“Setidaknya ada solusi terbaik dari Pemerintah untuk Petani Sawah”, tutupnya. (Vin).